Jumat, 11 Maret 2011

Asy-Syaikh ‘Aliy Al-Halabiy bukan Murid Asy-Syaikh Al-Albaaniy

Sebagian penyebar fitnah dan pembuat onar di negeri ini ada yang gemar mengkampanyekan bahwa Asy-Syaikh ‘Aliy Al-Halabiy bukanlah murid Asy-Syaikh Al-Albaaniy rahimahullah. Entah, motif apa yang melatarbelakanginya. Di sini, saya akan tuliskan bagaimana perkataan dari Asy-Syaikh Al-Albaaniy rahimahullah sendiri terhadap beliau dengan harapan, mata-mata yang masih tertidur akan segera bangun dan mengambil air wudlu untuk menghilangkan kotoran yang banyak hinggap di kelopak mata. Asy-Syaikh Al-Albaaniy rahimahullah berkata :
فدفعت صورة منه إلى صاحبنا و تلميذنا الشاب علي بن حسن الحلبي ….
“Lalu aku berikan foto kopinya kepada shahabat kami dan murid kami yang masih muda, ‘Aliy bin Hasan Al-Halabiy…..” [Hukmu Taarikish-Shalaah, hal. 25 – lihat : http://albaidha.net/vb/showthread.php?t=10182].
Perkataan beliau di atas sangat jelas dan tidak membutuhkan ta’wil seperti ta’wil­-an ahlul-bid’ah. Beliau lebih tahu tentang Asy-Syaikh ‘Aliy daripada selainnya.
Kenyataan bahwa Asy-Syaikh ‘Aliy hafidhahullah adalah murid Asy-Syaikh Al-Albaaniy rahimahullah pun juga dipersaksikan oleh ulama lainnya, seperti :
Asy-Syaikh Muqbil Al-Wadi’iy rahimahullah berkata :
قد تكلمنا على هذا غير مرة، ولكننا نعيد مرةً أخرى، فمنهم الشيخ ناصر الدين الألباني -حفظه الله-، وطلبته الأفاضل مثل الأخ علي بن حسن بن عبد الحميد
“Kami telah mengatakannya lebih dari sekali. Akan tetapi akan kami ulangi sekali lagi. Mereka (yaitu ulama yang patut dijadikan rujukan) adalah : Asy-Syaikh Naashiruddiin Al-Albaaniy hafidhahullah, dan muridnya yang utama semisal saudara ‘Aliy bin Hasan bin ‘Abdil-Hamiid…” [Tuhfatul-Mujiib ‘alaa As-ilatil-Haadlir wal-Ghariib, hal. 160 – lihat : http://albaidha.net/vb/showthread.php?t=10182].
Asy-Syaikh ‘Abdul-Muhsin Al-‘Abbaad rahimahullah berkata :
وأوصي -أيضاً- أن يستفيد طلاّب العلم في كلِّ بلدٍ من المشتغلين بالعلم من أهل السُّنَّة في ذلك البلد، مثل تلاميذ الشيخ الألباني –رحمه الله- في الأردن والذين أسَّسوا بعده مركزاً باسمه
“Dan aku juga nasihatkan agar para penuntut ilmu mengambil faedah di setiap negeri yang dihuni para ulama dari kalangan Ahlus-Sunnah yang menyibukkan diri dengan ilmu, seperti murid-murid Asy-Syaikh Al-Albaaniy rahimahullah di Urdun yang membangun sebuah markaz setelah beliau wafat dengan nama beliau (yaitu Markaaz Al-Albaaniy)” [Rifqan Ahlis-Sunnah, hal. 8].
عليكم بعلي حسن في الأردن
“Hendaklah kalian berpegang (yaitu menuntut ilmu) pada ‘Aliy Al-Halabiy di Urdun” [idem, lihat : http://www.kulalsalafiyeen.com/vb/showthread.php?t=15539].
Dr. ‘Aliy Ridlaa hafidhahullah berkata :
ألتقيت البارحة أخانا الشيخ الفاضل العلامة – بحق – : علي الحلبي – التلميذ الأنجب لشيخنا الألباني – في المسجد النبوي قبيل صلاة العشاء ؛ …….
“Kemarin aku menemui saudara kami Asy-Syaikh Al-Faadlil Al-‘Allamah ‘Aliy Al-Halabiy – murid yang mulia dari Syaikh kami Al-Albaaniy – di masjid Nabawiy sesaaat sebelum shalat ‘Isyaa’…. “ [lihat : http://albaidha.net/vb/showthread.php?t=10182].
Saya kira hal itu mencukupi….
Semoga yang sedikit ini ada manfaatnya.
[abul-jauzaa’ – 1431 H – ngaglik, sleman, diy].
http://abul-jauzaa.blogspot.com/2010/10/asy-syaikh-aliy-al-halabiy-bukan-murid.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar